Rabu, 04 Januari 2012

ROLEX Sea Dweller milik Diktator Syria

Salah satu hal yang membuat Rolex vintage begitu kuat brand value-nya (terutama seri sport vintage) karena seringkali kita menemui banyak tokoh-tokoh dunia baik dari politisi, negarawan, artis, ilmuwan dll yang di ekspose mengenakan Rolex sebagai jam sehari-hari mereka atau merupakan salah satu koleksi mereka.

Salah satunya yang sangat menarik adalah Jam ROLEX Sea Dweller (Ref.1665) yang sebelumnya dimiliki oleh mantan Diktator Syria HAFEZ Al-ASSAD, yang berkuasa sejak 1970 sampai tahun 2000. Tulisan ini tidak bertendensi apa-apa terkait sang diktator. Terlepas dari apa yang sudah dia lakukan untuk negara dan bangsa Syria, Al-Assad adalah seorang penggemar jam, terutama Rolex. dan tulisan ini hanya akan membahas koleksi jam dia.

Bagaimana jam ini bisa berpindah tangan? Pada Bulan Ramadhan tahun 1979, ketika Assad selesai melakukan jamuan buka puasa, dia sangat terkesan dengan kelezatan masakan yang dia santap. Kemudian dia menyuruh ajudannya untuk memanggil Chef jamuan pada saat itu untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi. Tidak disangka-sangka, tidak hanya ucapan terima kasih saja yang dia ucapkan tapi secara spontan Assad membuka jam yang dia pakai pada saat itu dan memberikannya langsung kepada sang Chef Jalil Ali. Rolex Sea Dweller ini sangat unik karena Assad meminta Rolex untuk menuliskan namanya dalam bahasa Arab di dial Sea Dweller dengan menggunakan warna merah.

Siapa yang beruntung bisa membeli jam langka dan unik ini? dia adalah Eric Ku, salah seorang kolektor dan pedagang Rolex antik yang sudah sangat dikenal di kalangan penggemar Rolex dunia. Dia mendapatkan jam ini lengkap dengan surat keterangan dari Chef Jalil Ali yang menjelaskan mengenai jam ini.

Salah satu koleksi Rolex Assad lain yang muncul dalam sebuah lelang di Sothesby adalah sebuah Rolex Explorer II dengan dial putih. Kesamaan dari jam Rolex SD diatas dan Explorer II dibawah adalah adanya tulisan nama Hafez Al-Assad dalam bahasa Arab berwarna merah. Bedanya, pada dial Explorer II ini Rolex menghapus tulisan 'Superlative Chronometer...' dan menggantinya dengan nama Assad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar