Rabu, 04 Januari 2012

GEORGE DANIELS: Master watchmaker 1926 - 2011

Pada tanggal 21 Oktober 2011 Dunia horology dikejutkan dengan meninggalnya master Watchmaker George Daniels dalam usianya yang ke-85. Nama George Daniels begitu dihormati dalam dunia horology terutama oleh para Independent Watchmaker karena dia dianggap sebagai guru dari modern watchmaker dan merupakan salah satu watchmaker setelah Abraham Louis Breguet (1747 - 1823). Pada masa krisis revolusi jam Quartz, George tetap konsisten dengan jam-jam mekanikal dan merupakan salah satu tokoh yang mengangkat kembali citra jam mekanik. Keberadaan jam-jam Quartz membuat George tertantang untuk juga membuat jam mekanik yang akurasi-nya mendekati jam quartz.

Goerge Daniels mendedikasikan lebih dari 60 tahun hidupnya dalam dunia horology. Pencapaian yang paling banyak dikenang sebagai revolusi adalah dengan munculnya co-axial escapement yang digunakan secara eksklusif oleh OMEGA. Penemuan ini dianggap sebagai revolusi karena merupakan wacana (baca: teknologi) baru dalam meningkatkan performance dan akurasi dari sebuah jam mekanik. Banyak kalangan mengatakan bahwa penemuan Co-axial escapement merupakan salah satu penemuan penting dalam 250 tahun sejarah horology.

Co-axial escapement pertama kali dibuat oleh George Daniels pada tahun 1976. Awalnya George skeptis karena penemuannya tidak bisa diproduksi secara massal dengan alasan tidak menguntungkan secara komersial karena harus merombak konstruksi jam mekanik yang lazim dipakai oleh banyak produsen jam, yang mungkin akan terkait dengan meningkatnya cost. namun dengan seiring perkembangan waktu, awareness dan penghargaan kepada jam-jam mekanik semakin tinggi dan konsumen mulai menginginkan jam mekanik yang tangguh dan secara akurasi sangat bagus. Akhirnya, pada tahun 1980-an Nicolas Hayek selaku CEO Swatch Group mengambil ide itu dan dengan dibantu oleh tim teknis dari OMEGA escapement ini mulai diperkenalkan dan diproduksi massal pada tahun 1999. Penjelasan khusus mengenai konstruksi co-axial escapement akan dibahas pada posting selanjutnya.


George Daniels lahir di Edgware, London Utara tanggal 19 Agustus 1926. Memiliki 11 bersaudara. Semasa kecil hidup George jauh dari bahagia. Ayahnya adalah seorang pemabuk dan seringkali menyiksa anak-anaknya. George terlambat untuk memasuki dunia sekolah dan lebih banyak bekerja untuk bisa bertahan hidup dengan 10 saudara lainnya. Ketertarikan George dengan dunia jam berawal pada usia 5 tahun ketika dia menemukan sebuah jam kantong yang terjatuh di jalan. Ketika membuka jam tersebut, dia terpesona dengan apa yang dilihatnya sebagai 'sebuah komposisi yang rumit namun indah'.

"Ketika melihat movement jam tersebut berdetak, saya seperti melihat sebuah 'centre of the universe'. Sejak saat itulah saya meyakini bahwa sebagian besar hidupnya akan dia dedikasikan untuk dunia jam" begitu yang dikatakan oleh George. Selain cinta dengan dunia Horology, George juga menggemari mobil-mobil antik. Uang yang dia terima dari reparasi jam dia kumpulkan untuk membeli mobil antik.

Adalah Sam Clutton yang memperkenalkan George lebih dalam ke dunia high end horology. Clutton adalah seorang kolektor jam sekaligus kolektor mobil antik. Clutton juga lah yang memperkenalkan Goerge kepada jam-jam mekanik buatan Breguet, yang akhirnya menjadi 'guru' baginya. Jam mekanik pertama yang George buat selesai pada tahun 1969 dan kreasi pertama itu diberikan khusus untuk Clutton. Jam itu Clutton tunjukkan kepada teman-temannya sesama kolektor jam dan ternyata mereka menyukai jam pertama produksi George. Untuk membuat jam mekanik itu, george membutuhkan 2,500 jam kerja. Waktu yang dibutuhkan sangat lama karena Goerge membuatnya sendiri dan dengan kualitas detail yang sangat baik.


"I didn't take orders. I was very selective. I never made watches for people if I didn't care for them" ucap George suatu kali. Pernyataan ini menunjukkan bahwa George tidak mementingkan kuantitas tapi lebih kepada kualitas jam yang dia buat. Dan pernyataan ini menunjukkan bahwa dia adalah 'the truly independent weatchmaker'. George mengatakan juga bahwa uang yang dia dapat dari menjual jam yang dia buat dan membantu memperbaiki jam teman-temannya tidaklah besar untuk ukuran saat itu.

Karena jam-jam yang dibuat oleh Goerge tidak begitu banyak, maka harganya saat ini ketika dilelang menarik minat banyak kolektor jam. Salah satu jam tangan Tourbillon buatannya berhasil mencapai harga US$ 285,000...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar